fbpx

7 Makanan Khas Nusantara Indonesia Terkenal dan Mendunia

Kekayaan makanan khas nusantara memang tak perlu diragukan lagi rasanya dan bahkan telah diakui dunia. Indonesia dikenal sebagai negara yang punya banyak ragam budaya, termasuk juga kuliner. Mulai dari sabang hingga merauke, kamu bisa menemukan ragam kuliner khas yang berbeda-beda dan unik di setiap daerah.

 

Tak jarang jika makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang terkenal dan digemari oleh berbagai daerah lain di Indonesia bahkan popularitasnya telah mendunia. Berikut ini beberapa makanan khas nusantara yang paling terkenal di dunia :

 

Makanan Khas Nusantara Indonesia yang Mendunia

 

Makanan Khas Nusantara

Rendang

Siapa yang tak kenal makanan yang satu ini, makanan khas Indonesia asal minang ini ditemukan hampir semua daerah di Indonesia, khususnya di rumah makan Padang. Makanan khas olahan daging ini dimasak bersama rempah-rempah dan santan ini ternyata dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia oleh beberapa media asing. Tak heran rasanya enak karena proses pembuatan makanan khas kuliner satu ini melalui proses panjang dan menggunakan banyak bumbu rempah khas nusantara.

 

 

Nasi Goreng

Makanan khas ini mungkin sudah terkenal di beberapa negara lain. Coba Tanya kepada orang luar negeri mengenaik makanan khas Indonesia yang mereka tahu, pastinya sebagian besar akan menyebutkan menu kuliner khas Indonesia yang satu ini.

 

Sajian nasi goring banyak ditemukan di seluruh tempat di Indonesia baik di jajakan oleh pedangang gerobakan hingga di restoran mewah dan berbintang. Menu makanan khas Indonesia ini memiliki banyak variasi resep dan olahan mulai dari nasi goreng kambing, nasi goreng mawut, nasi goreng nila hingga berbagai varian menu nasi goreng lainnya.

 

Baca Juga : Punya Gejala atau penyakit asam lambung? Hindari makan ini jika tak ingin parah

 

 

Sate

Jika Amerika punya BBQ, kita di Indonesia memiliki versi kearifan lokalnya yakni sate. Sama halnya seperti makanan khas sebelumnya, sajian sate banyak ditemukan di berbagai daerah mulai dijajakan di pinggir jalan hingga di restoran berbintang.

 

Uniknya beberapa daerah sobat bisa menemukan sajian sate khas unik yang berbeda seperti sate padang khas minang, sate lilit khas bali, sate buntel khas solo, sate klatak khas Yogyakarta dan berbagai menu sate lainnya.

 

 

Soto

Soto merupakan makanan khas nusantara yang memiliki variasi dan keunikan yang berbeda di setiap daerahnya seperti soto lamongan, soto betawi, dan coto makassar. Itulah beberapa ragam varian sajian soto khas yang ada di Indonesia.

 

Makanan khas kuliner satu ini merupakan makanan berkuah gurih yang kaya akan rempah yang terkadang ada yang menggunakan santan. Untuk isian, soto memiliki banyak variasi seperti suwiran daging ayam, potongan daging sapi, kecambah, tetelan, babat bisa jadi isian makanan khas yang satu ini.

 

 

Makanan Khas Nusantara

Tempe

Tempe merupakan salah satu bahan makanan asli Indonesia yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Bahan makanan ini dihasilkan dari proses fermentasi kedelai yang dibungkus menggunakan daun pisang atau plastic. Cita rasa tempe sangat enak dan merupakan makanan popular bagi masyarakat Indonesia bisa diolah menjadi ragam makanan lezat seperti tempe mendoan, tempe kering dan tempe orek.

 

 

Makanan Khas Malang

Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan yang termasuk list makanan khas asli Indonesia dan cukup populer di dunia. Makanan khas satu ini menjadi naik daun setelah Barrack Obama mengunjungi Indonesia saat menjabat sebagai presiden Amerika serikat menjadi salah satu makanan favoritnya saat semasa kecilnya di Indonesia.

 

Makanan ini umumnya terbuat dari olahan daging sapi yang digiling dan dibentuk bulat disajikan dengan kuah bening gurih lengkap dengan mie kuning, bihun, tahu, tetelan dan berbagai pelengkap lainnya.

 

 

Makanan Khas Nusantara

Nasi Padang

Nasi padang merupakan salah satu makanan yang sudah mendunia dan banyak diminati turis asing saat berkunjung ke Indonesia. Nasi padang bukan merupakan satu makanan melainkan beragam menu khas minang termasuk rending, ayam pop, dendeng batokok, sambal ijo dan berbagai lauk lainnya yang disajikan bersama nasi putih dikenal dengan nasi padang.

 

Sesuai dengan namanya, kuliner khas Indonesia ini berasal dari sumatera barat dan bisa ditemukan hampir di seluruh daerah Indonesia termasuk dinegara tetangga seperti singapura dan Malaysia.

 

 

Itulah 7 masakan khas nusantara yang sudah mendunia dan memiliki banyak penggemarnya. Dengan berbagai citarasa yang beragam, unik dan menggugah selera tentunya ya sobat. Kalau sedang di kota solo, jangan lupa mampir ke alamama resto ya. Di alamama resto kamu bisa menemukan berbagai varian makanan Asian dan western dengan cita rasa khas Alamama.

 

 

Alamama resto

Menyapa Lewat Rasa

3 Comments

  1. Nasi Padang is not one food but a variety of typical Minang menus including rending, pop chicken, dendeng batokok, green chili sauce and various other side dishes served with white rice known as nasi Padang. As the name suggests, this typical Indonesian culinary dish originates from West Sumatra and can be found in almost all regions of Indonesia, including neighboring countries such as Singapore and Malaysia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *