fbpx

5 Masakan Khas Idul Adha yang Enak dan Mudah

Masakan Khas Idul Adha – Idul Adha adalah waktu khusus ketika banyak keluarga berkumpul untuk makan daging kurban bersama. Tentu saja, ada banyak menu spesial Idul Adha yang bisa dinikmati sepanjang hari.

 

Lalu apa saja hidangan khas Idul Adha yang harus ada di meja makan? Simak jawabannya di bawah ini!

 

Masakan Khas Idul Adha

Masakan Khas Idul Adha - gulai kambing

1. Gulai Kambing

Tidak akan ada Idul Adha tanpa gulai kambing di ruang makan. Menu ini memang menjadi menu favorit banyak orang Indonesia. Selain itu, rasa pedas dan aroma santan sebenarnya selalu dicari khasiatnya.

 

Pengolahan gulai kambing membutuhkan banyak pengetahuan kuliner. Selain itu, hidangan ini bisa gagal jika daging kambingnya tidak diolah dengan benar. Oleh karena itu, Kamu harus berhati-hati dalam mengolah daging kambing agar empuk dan tidak berbau.

 

Gulai Kambing merupakan masakan khas idul Adha berbahan dasar santan yang sangat nikmat di lidah. Sajian Idul Adha ini memang menjadi pilihan yang tepat untuk disantap bersama keluarga di Hari Raya Kurban.

 

 

Masakan Khas Idul Adha - rendang

2. Rendang

Rendang dapat dibuat dari daging sapi atau kambing.Keduanya sama-sama nikmat dan tentunya cocok untuk disantap bersama saat Idul Adha.

 

Tahukah Kamu bahwa masakan ini berasal dari Sumatera Barat? Meski merupakan masakan khas Indonesia, rendang mulai populer di luar negeri.

 

Hidangan ini bisa Kamu siapkan sendiri di rumah dengan berbagai bahan seperti santan dan bumbu khas Indonesia. Namun, jangan lupa memperhatikan pengolahan dagingnya.Kerabat juga mungkin tidak suka dengan masakan rendang yang sulit.

 

Rendang terdiri dari dua varian yaitu Rendang Basah dan Rendang Kering. Menu ini pasti ada di meja makan, apalagi saat daging berlimpah di hari raya Idul Adha.

 

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat kemiri dalam masakan, Mama Wajib Tahu

 

 

Masakan Khas Idul Adha - tengkleng

3. Tengkleng

Aduh!Siapa yang langsung lapar jika mendengar kata tengkleng? Kamu pasti salah satunya. Tengkleng hampir tidak berbeda dengan gulai. Model yang dihadirkan juga sekilas terlihat mirip. Namun, ada satu hal yang membuat tengkleng berbeda dengan gulai.Kuah tengkleng lebih cair daripada rebusan sehingga lebih enak di perut.

 

Komposisi daging pada sajian khas Idul Adha ini juga berbeda dengan gulai. Sementara gulai lebih banyak menggunakan daging, tengkleng umumnya menggunakan babat dan sumsum tulang.

 

Kamu bisa menyiapkan dapur solo original ini sebagai pilihan selanjutnya saat ingin merayakan Idul Adha bersama keluarga. Juga, makanan tengkleng bisa menjadi ide yang bagus ketika tidak ada sisa jeroan dan tulang di lemari es.

 

 

Masakan Khas Idul Adha - Sate

4. Sate

Sama seperti rendang, sate adalah makanan pokok dunia. Untuk itu, daging olahan ini sering kita jumpai sebagai makanan khas saat Idul Adha.

 

Menyiapkan sate sangatlah mudah. Karena itu, Anda bisa melakukannya bersama keluarga sebagai kegiatan menarik untuk mengisi liburan Idul Adha.Anda tinggal menyiapkan potongan daging, tusuk sate dan arang panas dan Anda sudah bisa menyiapkan barbeque khas Indonesia.

 

Jangan lupa sate juga diracik dengan bumbunya. Tentunya hal ini dilakukan agar cita rasa Indonesia dapat dirasakan di setiap tusuk satenya. Setelah sate siap, bisa juga disajikan dengan kecap atau bumbu kacang.

 

Sate bukan hanya hidangan yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.Tapi juga untuk orang tersayang, bakar sate bisa menjadi pengalaman lebaran yang tak terlupakan.

 

 

Masakan Khas Idul Adha - sup daging

5. Sup Daging

Mau makan sehat saat Idul Adha? Sup daging sapi bisa menjadi alternatif yang ringan, sehat, dan mengenyangkan. Selain itu, Anda selalu mendapatkan porsi sayuran yang enak dengan hidangan lezat ini.

 

Sop Daging Sapi merupakan menu Idul Adha dan menu lebaran yang sering anda temukan di kampung halaman anda. Pasalnya, hidangan khas ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk penambah kaldu tulang sapi dan kambing saat Idul Adha.

 

Layaknya kuah bening, hidangan ini memiliki cita rasa yang lebih ringan dibanding pilihan menu lebaran lainnya. Tetap saja, Anda ingin menambah ukuran porsi saat makan di luar bersama keluarga.

 

 

Itulah beberapa masakan khas idul adha versi mama yang paling mudah dan enak untuk dibuat ya sobat. Jangan lupa mampir ke Alamama resto, resto di solo dengan berbagai varian menu nusantara dan western.

 

Alamama Resto

Menyapa Lewat Rasa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *