fbpx

5 Cara Paling Mudah Mengurangi Pedas pada Masakan Yang Berlebih

Mengurangi Pedas pada Masakan – Hidangan pedas memang sudah menjadi ciri khas masakan Indonesia ya sobat. Sebut saja Seblak, dendeng balado dan mie Aceh. Tapi bagaimana jika kita menyiapkan masakan yang tidak ingin terlalu pedas, tapi justru sangat pedas sekali? Nah, itu masalah besar saat memasak di dapur. Tapi tenang mama punya solusi untuk mengurangi pedas pada masakan.

 

Makanan yang terlalu pedas memang tidak enak bagi sebagian orang yang bukan penikmat makanan pedas. Perlu diingat bahwa tidak semua orang bisa merasakan rasa pedas. Selain itu, ada juga yang percaya bahwa makanan yang terlalu pedas bisa merusak cita rasa masakan.

 

Jika kamu mengalami semua masalah ini, tidak perlu khawatir. Simak tips berikut untuk Mengurangi Pedas pada Masakan versi Alamama Resto!

 

Cara Mengurangi Pedas pada Masakan

Tambahkan sedikit gula

Seperti kecap manis atau madu, gula ternyata juga dapat memberikan rasa manis yang mengurangi pedas pada masakan. Gula mampu menetralkan rasa pedas karena menyerap minyak dan mengubah rasanya. Namun, ingatlah untuk mencoba hidangan itu lagi jika Kamu menambahkan banyak gula. Jangan sampai cita rasa makanan Kamu tidak sesuai dengan yang Kamu inginkan.

 

 

Tambahkan susu atau santan

susu dan santan dapat memberikan efek “pendinginan” yang dapat menetralkan rasa pedas. Selain itu santan dan gula, Kamu bisa menambahkan sour cream atau yogurt yang rasanya hambar. Namun, ingat bahwa saat menambahkan bahan-bahan ini, sebaiknya gunakan api kecil agar teksturnya tidak menggumpal di piring Kamu.

 

Tambahkan cairan asam

Cara ini biasa digunakan oleh juru masak Thailand yang menggunakan banyak cabai dan rempah-rempah. Sebagai penyeimbang, mereka biasanya menggunakan perasan jeruk nipis atau cuka. Selain itu, saus tomat bisa ditambahkan sebagai penetral. Cara ini patut dicoba karena terbukti ampuh mengurangi pedas pada masakan lho.

 

Baca Juga : Aneka Hidangan Bumbu dasar merah pada masakan

 

 

Tambahkan selai kacang

Siapa sangka selai kacang tak hanya berguna sebagai pelengkap makan roti, tapi juga bisa mengimbangi cita rasa masakan yang pedas lho. Caranya Cukup tambahkan satu sendok makan selai kacang ke dalam masakan, lalu cicipi perlahan. Selain banyak dipilih sebagai alternative mengurangi rasa pedas dalam masakan, selai tak terasa cecapannya.

 

Disajikan dengan hidangan lain yang hambar
Salah satu cara untuk mengurangi makanan pedas tanpa menambahkan bahan lain adalah menyajikannya dengan makanan hambar lainnya, seperti nasi, pasta, roti, atau kentang. Tentu saja, menyajikan makanan yang hambar dan berkarbohidrat tinggi ini harus sesuai dengan menunya.

 

Banyak cara untuk mengatasi masalah masakan di dapur. Jangan sampai hanya karena makanan pedas kamu membuang masakan secara percuma ya sobat. Selain itu kamu bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Cara diatas bisa kamu terapkan jika kamu mengalami kendala pedas atau cara paling efektif mengurangi pedas pada masakan.

Yuk, bagikan artikel ini jika bermanfaat untuk orang-orang terdekatmu!

 

Alamama Resto (resto di solo)

Menyapa Lewat Rasa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *