fbpx

6 Manfaat Kencur bagi Kesehatan Tubuh Yang Jarang Orang Tau

Manfaat Kencur bagi Kesehatan – kencur telah dikenal sebagai salah satu obat tradisional yang penting bagi kesehatan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu.  Sering digunakan sebagai obat herbal atau bumbu dapur, ramuan ini disebut-sebut memiliki kemampuan mencegah atau mengobati penyakit.

 

kencur merupakan tanaman herbal dengan aroma dan rasa yang unik.  Tumbuhan dengan nama latin Kaempferia galanga Ini banyak ditanam di Asia Tenggara seperti Indonesia, Kamboja, Thailand dan Malaysia.  Kencur masih tergolong kerabat Kecombrang, Temu Iring dan Jahe dan telah lama dikenal sebagai obat tradisional.

 

 

Kandungan Gizi Kencur

Beragam manfaat yang diberikan lengkuas tentu tidak lepas dari kandungan nutrisinya.  Berikut beberapa kandungan nutrisi kencur yang kaya manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh.

  • Protein
  • Serat
  • Mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, selenium dan seng
  • Vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin K dan folat

 

Selain itu, Kencur mengandung minyak atsiri dan senyawa yang memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, antibakteri dan anti inflamasi.

 

Manfaat Kencur untuk kesehatan

Manfaat kencur bisa Sobat temukan pada daun dan rimpangnya.  Daun dan rimpang kencur dapat digunakan untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, sakit gigi, dan kolik.

 

Tidak hanya sebagai obat herbal, Kencur banyak digunakan sebagai bahan pembuatan sampo, cuka, bedak, dan produk aromaterapi.

 

Di Indonesia sendiri, Kencur sudah turun temurun digunakan sebagai bahan pembuatan obat herbal, seperti nasi Kencur yang terbuat dari campuran beras, Kencur , asam jawa, dan gula merah.

 

Selain itu, kencur mempunyai banyak manfaat kesehatan yang tak kalah dengan obat-obatan modern, antara lain:

 

1. Tekanan darah rendah

kencur telah lama digunakan untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi.  Berbagai penelitian juga mendukung temuan ini karena kencur mengandung potasium, antioksidan, dan senyawa diuretik.

 

Kandungan dalam kencur diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.  kencur baik dikonsumsi untuk melancarkan peredaran darah.

 

2. Membunuh patogen

Ekstrak Kencur diketahui mengandung minyak atsiri yang bersifat anti bakteri.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antibakteri pada kencur mampu membunuh bakteri pada kulit, gigi, gusi, dan sistem pernapasan.

 

Khasiat kencur dipercaya dapat membunuh kuman Mycobacterium tuberkulosis Penyebab TBC.  Namun sejauh ini penelitian tersebut hanya sebatas percobaan laboratorium.  Oleh karena itu, efektivitas dan tingkat keamanan Kencur sebagai obat pengobatan penyakit menular masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

 

Baca Juga : 9 jajanan khas pasar tradisional yang hampir punah

 

 

3. Meredakan nyeri dan bengkak

kencur mengandung sifat anti inflamasi dan anti inflamasi.  Saat tubuh mengalami peradangan atau nyeri, Sobat bisa menggunakan kencur untuk meredakannya.  Khasiat kencur sudah dikenal sejak lama sehingga biasa digunakan untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri rematik.

 

4. Mengurangi stres

Kencur juga dikenal sebagai tanaman yang menenangkan pikiran serta menghilangkan stres dan kecemasan.  Efek tersebut bisa Sobat dapatkan ketika menghirup aromaterapi berbahan kencur.

 

5. Menyingkirkan radikal bebas

Kencur merupakan tanaman herbal yang kaya akan antioksidan yaitu flavonoid.  Kandungan tersebut diketahui dapat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, seperti dari asap rokok atau polusi.

 

Tak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh, kandungan antioksidan flavonoid pada Kencur bermanfaat mengurangi peradangan dan mencegah kanker.

 

6. Pencegahan penyakit kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali akibat karakteristik genetik atau mutasi gen.  Jika tidak diobati sejak dini, kanker dapat menyebar atau bermetastasis ke jaringan lain di tubuh dan menjadi lebih sulit untuk diobati.

 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa Kencur memiliki senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.  Jadi Kencur baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker.

 

Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, Kencur diketahui bermanfaat memperkuat daya tahan tubuh dan mengatasi sembelit.

 

Umumnya manfaat Kencur berbeda-beda jika Sobat memanfaatkannya sebagai obat herbal atau suplemen.  Namun jahe tidak boleh dikonsumsi berlebihan, terutama jika Sobat sedang sakit atau sedang mengonsumsi obat tertentu.

 

Oleh karena itu, demi keamanan, jika Sobat ingin menggunakan Kencur sebagai obat herbal atau suplemen untuk mengobati penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

 

Alamama Resto

Menyapa lewat rasa (Resto di Solo)

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *