fbpx

7 Makanan untuk Menaikkan Trombosit dalam 7 Hari

Makanan untuk menaikkan trombosit – Salah satu hal yang dapat mempercepat kesembuhan Kamu dari demam berdarah adalah pola makan yang sehat. Inilah makanan yang dapat meningkatkan trombosit pada penderita DBD.

 

Trombosit adalah sel darah yang membantu pembekuan darah. Ada beberapa kondisi yang dapat menurunkan jumlah trombosit salah satunya adalah demam berdarah (DBD). Jumlah trombosit yang rendah dapat meningkatkan risiko pendarahan dalam tubuh dan dapat mengancam nyawa. Suplemen Makanan tertentu dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit. Berikut makanan peningkat trombosit pada penderita DBD.

Makanan untuk menaikkan Trombosit

Mengonsumsi makanan yang bervariasi secara umum dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit Kamu. Namun jika DBD menyebabkan jumlah trombosit turun di bawah normal (trombositopenia) maka diperlukan penanganan medis segera. Berikut beberapa nutrisi yang bisa Kamu tambahkan untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh Kamu.

 

  1. Asam Folat

Makanan untuk Menaikkan Trombosit yang pertama, Asam folat adalah vitamin B yang membantu memperbaiki dan menumbuhkan sel darah. Asam folat merupakan nutrisi penting yang harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup karena kekurangan asam folat dapat menurunkan jumlah trombosit dan meningkatkan risiko pendarahan. Kamu bisa mendapatkan asam folat dari berbagai makanan termasuk bayam brokoli alpukat kacang merah dan kacang-kacangan.

 

  1. Vitamin B12

Faktor lain yang mempengaruhi jumlah vitamin B dalam darah adalah vitamin B12 yang mempengaruhi jumlah trombosit. Vitamin ini berperan dalam produksi trombosit dan sel darah lainnya dalam tubuh. Oleh karena itu kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan rendahnya jumlah trombosit.

 

Makanan peningkat trombosit yang kaya vitamin B12 seperti tiram, daging tanpa lemak, salmon, telur dan tempe.

 

Baca Juga : cara mengatasi kejenuhan dalam bekerja yang paling efektif

 

  1. Zat Besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang membantu tubuh Kamu memproduksi sel darah yang sehat. Makanan ini juga membantu meningkatkan jumlah trombosit terutama pada penderita anemia besi yang menderita demam berdarah.

 

Ada banyak makanan kaya zat besi yang bisa Kamu coba untuk meningkatkan kadar zat besi Kamu seperti almond, kerrang, daging merah, sarden, tahu dan bayam.

 

  1. Vitamin C

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk penyerapan zat besi yang optimal. Selain itu nutrisi ini juga membantu trombosit mengikat dan menggumpal secara efektif selama proses pembekuan darah. Pembekuan darah sangat penting bagi tubuh untuk mencegah pendarahan berlebihan akibat luka dan sayatan demam berdarah. Vit C dipercaya sebagai Makanan untuk Menaikkan Trombosit yang tepat.

 

Beberapa makanan penambah trombosit yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, paprika, kubis, stroberi, kubis, kacang hijau dan daun bawang.

 

  1. Probiotik

Probiotik juga bekerja seperti vitamin K dan C untuk membantu pembekuan darah. Nutrisi tersebut terdapat pada makanan fermentasi seperti yogurt kimchi dan tempe yang mengandung bakteri baik.

 

  1. Vitamin K

Vitamin K membantu mengatur proses pembekuan atau pembekuan darah. Tanpa nutrisi tersebut ketika demam berdarah parah terjadi tubuh kesulitan mengontrol pembekuan pada pembuluh darah yang rusak dan bocor. Vitamin ini tidak dapat meningkatkan jumlah trombosit tetapi membantu memaksimalkan fungsinya dalam tubuh.

 

Banyak makanan yang kaya vitamin K antara lain wortel, hati ayam, labu kuning, kubis, brokoli, bayam, buncis, dada ayam dan kacang polong.

 

  1. Klorofil

Klorofil adalah zat yang memberi warna hijau pada sayuran. Menurut Verywell Health mengonsumsi klorofil dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit Kamu. Makanan penambah trombosit yang kaya klorofil dapat ditemukan pada buah kiwi, bayam, brokoli, sawi dan sayuran laut (chlorella spirulina rumput laut dan alga).

Nah itulah makanan penambah trombosit yang bisa Kamu coba. Selain makan usahakan untuk menghindari beberapa makanan dan minuman di atas yang dapat menurunkan nafsu makan Kamu seperti alkohol makanan yang mengandung garam serta makanan dan minuman yang mengandung gula buatan.

 

Berikut informasi lengkap mengenai makanan peningkat trombosit pada penderita demam berdarah atau demam berdarah. kami berharap konten di atas memperluas pemahaman Kamu.

 

Alamama Resto

Menyapa Lewat Rasa

Resto di Solo

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *