fbpx

8 Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Lebih Awet

Menyimpan Sayuran di Kulkas – Mungkin Kamu salah satu orang yang memilih untuk membeli sayuran dalam jumlah banyak. Jadi, untuk menjaga sayuran dalam kondisi baik, Kamu perlu mengetahui cara menyimpan sayuran dalam wadah tupperware di lemari es dan menjaganya tetap segar.

 

Sayuran biasanya memiliki kandungan air yang tinggi di dalamnya. Karena itu, jika Kamu menyimpannya dalam waktu lama di lemari es dan tidak menggunakan wadah, dapat menyebabkan sayuran cepat rusak dan busuk. Untuk menghindarinya, ada banyak cara menyimpan sayuran di lemari es menggunakan wadah yang harus Kamu ketahui.

 

Hal ini sangat penting agar sayuran yang Kamu beli lebih awet dan kualitasnya tidak menurun karena disimpan sembarangan. Yuk simak beberapa Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Lebih Awet berikut ini.

 

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yang Benar

Untuk menyimpan sayuran dengan aman tentunya perlu mengetahui cara yang benar bukan?  Nah, Kamu bisa simak cara menyimpan sayuran agar tidak tumbuh.

 

1. Sortir sayuran sebelum disimpan

Cara pertama menyimpan sayuran dalam wadah tupperware adalah dengan menyortir semua sayuran terlebih dahulu.  Sayuran yang Kamu beli dari supermarket yang pastinya juga memiliki bagian berwarna cokelat dan kuning.

 

Oleh karena itu, Kamu perlu membuang bagian tersebut dan memotong akar tanaman agar kerusakan tidak menular ke bagian lain. Sayuran akar seperti kangkung dan bayam.

 

2. Bersihkan sayuran

Setelah membeli sayuran, sebaiknya cuci bersih semua bagiannya dengan menggunakan air dan sabun khusus sayuran. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan semua kotoran dan bakteri yang terdapat pada tanaman. Jadi Kamu tidak perlu mencucinya lagi saat ingin memasak, sehingga dapat menghemat waktu memasak Kamu.

 

Baca juga : 6 Manfaat Penting Jahe untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

 

 

3. Tutup wadah Tupperware dengan plastik wrap atau tisu

Cara menyimpan sayuran dalam wadah tupperware selanjutnya adalah dengan melapisi wadah tersebut dengan plastik atau tisu berlubang. Ini karena tisu mencegah sayuran menyerap suhu freezer dan plastik berlubang memungkinkan udara masuk ke sayuran.

 

Tapi, terutama jamur, maka Kamu perlu membungkusnya dengan kertas, karena jamur sangat mudah membusuk dan lembab jika dibungkus dengan plastik.

 

4. Jangan mencampur sayuran

Bagi yang sering mencampur sayuran dalam wadah, jika tidak ingin sayuran mudah busuk sebaiknya tidak dilakukan lagi. Setiap sayuran memiliki metode penyimpanannya sendiri.

 

Dengan cara ini, ketika Kamu ingin memasukkan ke dalam wadah tupperware, Kamu harus memisahkan setiap sayuran yang Kamu beli. Wadah tupperware hanya dapat memuat satu jenis sayuran.  Misalnya, satu wadah hanya untuk wortel atau brokoli. Jangan mencampur sayuran karena ini membuat mereka lebih rentan membusuk.

 

5. Simpan sayuran dalam bentuk utuh

Hal yang satu ini sangat penting untuk Kamu perhatikan, ada baiknya Kamu menyimpan sayuran dalam bentuk utuh.  Jangan dipotong karena akan mudah busuk atau kering.

 

Selain itu, akan membuang-buang waktu, karena jika sayurannya busuk atau kering, Kamu tidak akan bisa mengolahnya, apalagi menggunakannya. Sebaiknya biarkan dalam bentuk aslinya, Kamu hanya perlu memotongnya jika ingin memasaknya.

 

6. Perhatikan suhu kulkas

Cara menyimpan sayuran dalam wadah tupperware agar dapat disimpan dalam waktu yang lama tentunya harus memperhatikan suhunya. Suhu terbaik untuk menyimpan sayuran adalah 1 hingga 4 derajat Celcius. Jika suhu terlalu tinggi, bakteri akan mudah berkembang biak dan merusak rasa dan aroma sayuran.

 

Selain itu, jika suhu terlalu rendah akan menyebabkan panas di dalam wadah tupperware, sehingga sayuran akan mudah terlepas dan jika suhu lemari es terlalu panas akan menguning.

 

7. Periksa kualitas dan kondisi sayuran secara teratur

Saat Kamu menyimpan sayuran dalam wadah tupperware di dalam lemari es, tentunya Kamu tidak bisa meninggalkannya terlalu lama. Untuk menjaga kesegaran, sayuran Kamu tidak boleh disimpan lebih dari 2 minggu.

 

Jika ingin menghemat lebih dari waktu tersebut, sebaiknya cek setiap 2 hari sekali  Jika Kamu melihat bagian tanaman yang sudah mulai membusuk atau membusuk, sebaiknya Kamu membuangnya agar tidak mencemari bagian tanaman yang lain.

 

Baca Juga : 12 Ragam Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Populer

 

 

8. Simpan sayuran sesuai jenisnya

Umumnya lemari es memiliki 3 sampai 4 rak penyimpanan, jadi gunakanlah lebih baik untuk menyimpan sayuran sesuai dengan jenisnya.  Misalnya, Kamu menyimpan sayuran seperti sawi, bayam, dan kangkung di rak paling bawah.  Suhu di rak sangat stabil, sehingga sayuran tidak mudah menguning.

 

Kemudian, di rak tengah, simpan sayuran dengan kadar air rendah, seperti buncis, kubis, bit, dan wortel.  Selanjutnya, Kamu bisa menyimpan sayuran dengan kadar air yang tinggi, seperti paprika, terong, cabai, dan mentimun, di rak paling atas.

 

Nah, itulah beberapa cara Menyimpan Sayuran di Kulkas dari wadah tupperware yang perlu Kamu ketahui. Setelah membaca ulasan di atas, Kamu tahu bahwa Menyimpan Sayuran di Kulkas bisa bertahan lama jika Kamu membelinya dalam keadaan segar.

 

Mau makan yang fresh dan seperti masakan mama? Yuk mampir ke Alamama resto untuk menikmati hidangan yang enak baik western food ataupun Asian food. Alamama resto ahlinya tempat makan keluarga di solo.

 

Alamama Resto

Menyapa lewat rasa

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *